Solusi Menanggulangi Tingkat Pengangguran di Jakarta

Jakarta, salah satu kota tersibuk di dunia sekaligus kota termacet. Ibu kota negara Indonesia ini menjadi tempat perantauan primadona bagi seluruh masyarakat. Tak heran, jika setiap tahunnya terjadi urbanisasi besar-besaran yang membuat Jakarta semakin padat. Sebagian besar alasan mereka adalah untuk mencari pekerjaan.

Adanya fakta ini membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat yang malah menjadi boomerang untuk warga Jakarta sendiri. Pasalnya, masih banyak masyarakat Jakarta yang jarang mendapat kesempatan kerja. Padahal, kota besar ini merupakan pusat mata pencaharian yang diharapkan banyak orang.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2017, saat ini ada 26,71 juta perusahaan di Indonesia. Tapi kenapa masih banyak kaum milenial atau fresh graduate yang menganggur? Apa permasalahannya?

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mencatat sekitar 8,8% dari total 7 juta pengangguran di Indonesia adalah sarjana. Selain bersaingan dengan mesin berbasis teknologi canggih, para sarjana tersebut juga harus beradu kompetensi dengan pekerja asing yang datang dari terbukanya pasar bebas. Belum lagi, banyaknya sarjana yang tidak memiliki keahlian tertentu. Oleh karena itu, pemerintah tentu harus dapat memberikan berbagai solusi dan berupaya untuk menurunkan atau mengatasi masalah pengangguran ini.

Hal ini juga yang mendorong saya, Saweri, untuk maju menjadi calon legislatif DPRD Jakarta Pusat 2019 melalui partai NasDem. Salah satu visi saya adalah saya ingin memberikan fasilitas dan memberdayakan masyarakat Jakarta untuk menjadi wiraswasta sukses. Latar belakang saya adalah sebagai pengusaha di bidang Food & Beverages, saya ingin menyalurkan ilmu yang saya miliki melalui balai pelatihan yang akan saya dirikan melalui bantuan dana APBD untuk mendorong milenial agar mahir berwirausaha sesuai bidangnya.

Saya percaya bahwa langkah ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, khususnya di Jakarta Pusat. Saya Saweri, memohon doa dan dukungan masyarakat Jakarta untuk memilih saya dalam pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 nanti. Mari bersama-sama sejahterakan warga Jakarta!

Saweri, Caleg DPRD Dapil 1 Jakarta Pusat No. urut 04, partai NasDem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *